04 November 2009

Berapa Indeks Massa Tubuh (IMT) Anda?

Body Mass Index (BMI) atau dalam bahasa Indonesia disebut Index Masa Tubuh (IMT) adalah sebuah ukuran berat terhadap tinggi badan yang umum digunakan untuk menggolongkan orang dewasa ke dalam kategori Underweight (kekurangan berat badan), Overweight (kelebihan berat badan) dan Obesitas (kegemukan). Rumus atau cara menghitung BMI sangat mudah, yaitu dengan membagi berat badan dalam kilogram dengan kuadrat dari tinggi badan dalam meter (kg/m²).

Contoh: Berat badan saya adalah 77 kg dan tinggi saya adalah 1,6 m. Maka BMI saya adalah 77/(1,6)² = 30 kg/m².  (Tergolong Obesitas tingkat 1) .



Lalu hasil dari BMI tersebut dapat dicocokkan pada Tabel Klasifikasi Internasional dari Underweight, Overweight dan Obesitas pada Orang Dewasa yang disepakati oleh organisasi kesehatan dunia, WHO sebagai berikut :

tabel BMI



Dengan mengetahui nilai BMI maka kita dapat mengetahui apakah kita masuk dalam kategori kurang berat badan, normal, atau kelebihan berat badan dan obesitas (kegemukan). Resiko penyakit yang berhubungan dengan derajat kegemukan seperti penyakit jantung, kencing manis bahkan stroke dapat dilihat dari nilai BMI. Sederhananya, BMI adalah alarm peringatan bagi kesehatan anda!

Memang, lebih mudah mendiagnosis obesitas ketimbang memperbaikinya. Namun mengingat mempertahankan berat badan yang sehat mampu mengurangi resiko penyakit jantung 35-55% maka ini adalah target yang penting.


2 komentar:

  1. makasih mba dah kunjung ke blogku..pas dicek BMI-ku alhamdulillah 'you are healthy' :-)

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas kunjungannya .. tetap sehat selalu ..

    BalasHapus

MAKANAN RENDAH KALORI FULL NUTRISI

MAKANAN RENDAH KALORI FULL NUTRISI
Nasi Uduk + Es Teh Manis VS Milkshake Herbalife